Informasi Penelitian

Penelitian di Program Pendidikan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik berlangsung di 3 area bidang ilmu yaitu Virologi, Bakteriologi, dan Mikologi.

Di area Virologi, kajiannya fokus pada Hepatitis C Virus (HCV), Hepatitis B Virus (HBV) dan Human Imunodeficiency Virus (HIV). Tentu metode yang digunakan sedalam molekuler. Namun sementara ini, kajian yang sedalam molekuler masih berlangsung di Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga. Dengan pengadaan alat laboratorium yang bersifat molekuler oleh RSUD Dr Soetomo sebagai mitra Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, memungkinkan nantinya aktifitas penelitian di area ini dapat juga dimanfaatkan untuk pelayanan di RSUD Dr Soetomo.

Di area Bakteriologi, kajiannya focus pada 2 aspek yaitu bakteri MDRO dan Mycobacterium tuberculosis. Untuk kajian MDRO, ada 2 jenis penelitian yaitu molekuler, dan terapan. Demikian juga untuk kajian Mycobacterium tuberculosis. Penelitian yang bersifat molekuler diharapkan memberi manfaat untuk kebijakan penggunaan antibiotic dan mencegah muncul serta tersebarnya resistensi bakteri terhadap antimikroba; sedangkan penelitian yang bersifat terapan diharapkan memberi manfaat untuk pelayanan yang berkualitas dan aman kepada pasien.

Di area Mikologi, kajiannya focus pada spesies jamur baru yang dapat menginfeksi manusia beserta antibiogramnya, dan penelitian yang ditujukan untuk memperbaiki diagnosis klinik. Penelitian di area Mikologi ini difasilitasi dengan adanya alat baru untuk identifikasi dan uji antijamur, hasil kerjasama operasional antara RSUD Dr Soetomo dan pihak vendor.